Senin, 02 Juni 2014

Puzzle

Setiap apa yang terjadi dalam hidup kita merupakan potongan-potongan cerita yang saling sambung menyambung.


Kalimat tadi bukan sekedar kalimat keren-kerenan lho... soalnya sudah sangat sering mengalami momen "Oo...jadi ini sebab kenapa kemaren begini/begitu..." Dan ini terjadi dalam perjalanan penyelesaian skripsi yang ternyata berumur panjang. Tiga semester-hahaha-bukan masa penyelesaian yang patut dibanggakan... ._.

Jadi singkat cerita si bendelan putih setebal 71 halaman siap dikonsultasikan lagi kepada Bapak DPS untuk perbaikan akhir sebelum akhirnya di-acc untuk maju sidang, dengan harapan syukur bisa langsung acc. Hari Senin aku meluncur ke gedung MM, kantor beliau* (Catatan*: model bimbingan Bapak DPS saya ini masih model mahasiswa lama, tanpa sms, tanpa email, tanpa janjian T_T jadilah mahasiswa yang harus hafal jadwal Beliau dan nguber ke sana ke sini. Sebagai tambahan, beliau punya empat tempat yang berbeda tempat beliau berkantor dan mengajar... Yaaa dinikmati saja, soalnya banyak yang bilang "Aaaa...Fela kok kamu enak dapet Pak itu..." Hehehe pada belom tau sih...). Oke balik lagi. Sampai di kantor, aku langsung berniat ketemu sama bapak2 sekretaris kantor.. eh ternyata Bapak DPS ada di situ bersama tamu-tamu (kayanya sih mahasiswa S...S2/S3). dan taraaa... "Datang besok saja ya, saya sedang banyak tamu." Hiks serasa patah hati saya ditolak oleh si Bapak.

Besoknya aku berangkat ke tempat berbeda, kampus S1 FEB UGM, setelah liat jadwal terus langsung cus ke kelas** (Catatan**: Sengaja dateng pas akhir kuliah soalnya Bapak bersedianya konsultasi setelah selesai kuliah biar ga ganggu kelas). Dan taraaa... kelasnya kosong. Panik! Soalnya hari itu hari terakhir pendaftaran ujian bulan depan.*** (Catatan***: kalo bisa maju bulan depan dan apesnya belom lulus, masih bisa ngulang bulan depannya buat ngejar wisuda bulan Mei). Abis itu lagsung ngecek ke layanan perkuliahan dan bapak-bapak di situ bilang kalo Bapak DPS ke luar kota dan kuliahnya libur :( yasudh pupus harapan dapat acc bulan ini...

Besoknya, nyoba lagi peruntungan cari tanda tangan. Udah sampe kelas ternyata masih kosong... Oke, berarti Bapak masih di luar kota. Oke, berarti tunggu Senin buat ketemu Bapak lagi. Oke, kasih selamat dan semangat  buat yang mau maju bulan depan.

Sampe rumah masih betmut dan sedikit muring-muring gara-gara ga dapet tanda tangan. Padahal udah usaha ke sana ke sini buat ketemu Bapak dan minta ttd di detik-detik terakhir, dan perjuangan-perjuangan lain ngutak-atik typo-typo dan segala pengaturan penulisan yang Bapaknya perhatiin banget. Tapi belom dapet ttd juga, apa boleh buat :)

Sampai di besok malemnya aku terima kabar kalo ternyata kontrakanku habis bulan ini, yang artinya aku harus pindahan paling lambat minggu depan**** (Catatan****: Seingetku kontrakan habis bulan depan jadi aku santai aja ngurusin skripsi tanpa siap-siap pindah). Padahal kosan baru aja belom dapet, belom lagi ngepak barang, pindahan, natain barang lagi, adaptasi sama kosan baruuuu... 

Dengan adanya kabar ini barulah aku ngeh rencana Allah buat aku. AKU DISURUH NGURUSIN PINDAHAN KONTRAKAN DULU. Hahaha. Apa jadinya coba kalo kemarin langsung dikasih acc sama Bapak. Pasti ga bakalan konsen ke nyiapin ujian skripsi apalagi ujian komprehensiffff... Jadinya aku ga dikasih acc dulu sama Allah, suruh ngurusin pindahan dulu & dapet tempat yang nyaman buat nyiapin ujian dulu, baru deh dikasih acc. :)

Abis dapet kabar itu aku langsung ngehubungin Tya, mantan temen kos yang bakal jadi temen kos lagi, dan alhamdulillah ada kamar di kosan dia yang masih kosong... jadilah aku pindahan ke kosan baru  pas weekend-nya.

Hari Selasa minggu berikutnya, jadwalku nunggu Bapak di depan kelas. Singkat cerita tiba-tiba skripsiku di-acc, dan aku bengong, hahaha... padahal mauku hari itu aku bawa pulang bendel skripsi yang masih dicorat coret eh ternyta malah di-acc. Seneng dan panik gegara skripsi udah di-acc. Sayangnya acc-nya pas udah lewat bates akhir. Kabar baiknya aku bisa ngurusin pindahan + nyiapin lebih baik lagi buat ujian skripsi & komprehensif (yang nyatanya tetep diisi dengan berkali-kali revisi tanda baca & typo sebelum naskah dikumpulin ke akademik).

Yes, ada hubungan antara satu kejadian dengan kejadian lain, ada hubungan antara satu rencana dengan rencana lain. Jangan keburu protes! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar