Minggu, 26 Agustus 2012

Kemah = KKN / KKN = Kemah (?)


Kuliah! (Seeeh...) Bayangannya beda dari sekolah sebelumnya (SD, SMP, SMA). Yang terlintas bukan belajar duduk seharian di kelas, atau berseragam setiap hari. Lebih bebas dengan aturan.
Tapi ternyata ada alur yang sama antara sekolah SD-SMP-SMA dengan kuliah.

Cuma iseng mikirnya :D

Jadi begini;
Waktu SD dulu, ikutan pramuka, istilahnya sekarang pramukers :D. Kelas 3 & 4 aku ikut bazar Siaga. Bener-bener main-main aja disana. Di kelas 4, aku mulai diikutkan di kegiatan kemah Penggalang, sudah harus ngapa-ngapain sendiri waktu itu. Karena baru kelas 4, aku cuma jadi anak bawang, nonton penggalang yang udah kelas 5 & 6. Pas kelas 6 baru jatah angkatanku ikut kemah Penggalang jadi tim inti. Sebelum akhirnya ujian&masuk SMP, jenjang yg lebih tinggi.

SMP kelas 1 pramukanya ngapain aja udah lupa (>,<) , tapi ada kegiatan. Terus kelas 2 ngalamin kegiatan pramuka, lupa-lupa ingat, kayanya dulu jalan kaki ke pantai yang kalo dipikir sekarang jaraknya wah juga buat ukuran jalan kaki. Cuma seneng-seneng aja, jalan rame-rame sama temen-temen seangkatan, sampe di pantai ada permainan-permainan. Baru ngalami kemah waktu kenaikan ke kelas 3. Tugas jadi dewan. Bantu ade kelas kemah. Sebelum akhirnya ujian&masuk SMA.

SMA kelas 1 jadi andik, jadi peserta kemah akhir tahun ajaran. Naik kelas 2, jadi dewan, ngalami kemah juga. Ngurus. Sebelum akhirnya ujian&masuk kuliah.

Tiap jenjang ada kegiatan kemah, agak serius ngurus kemah pas tahun sebelum ujian. Jadi polanya, kemah, ujian, & masuk jenjang berikutnya.

Terus waktu kuliah? Kuliah kan beda sama sekolah... Ga ada pramuka :D Ada lho di UKM, tapi ga ikutan... so, apalagi? Aku kira udah ga ada itu namanya kemah kaya jenjang-jenjang sebelumnya. Asik, jadi nanti tinggal ngurus ujian&masuk jenjang berikutnya, kerja.

Eits, tapi ternyata ada pola yang sama dari kesemua jenjang  itu. Setelah dipikir-pikir & dijalani, masa kemah atau yang aku sebut “ujian sebelum ujian” itu jawabnya adalah KKN (bagi yang mendapatkan jatah KKN, atau KKN-PPL, atau KP/jatek/magang, atau semacamnya) :D Ya beda2 tipis sama pramuka, nginep juga, bawa barang2 juga, nyiapin kegiatan juga... 11 12! Dan taraa... selesai KKN, skripsi terus ujian& masuk kerja. Amin... Pola yang sama!

Hanya meruntut dari kegiatan2 di atas, ada pola: masuk, senang-senang, ujian sebelum ujian, ujian, masuk jenjang berikutnya.

Dari ujian sebelum ujian diatas, kayanya sih...KAYANYA, sedikit bikin mikir untuk lebih seusia dalam sikap & kerja. Haha, apa pula itu. Bergumul bersama banyak kepala & kenyataan-kenyataan yang kadang menohok-nohok untuk dipikirkan. Banyak juga semangat-semangat, pengetahuan, cinta, sayang, lelah, kantuk, dan kisah-kisah yang awalnya tidak pernah aku tahu tentang dunia ini.
Jadi, ujian sebelum ujian kali ini dapat apa? Banyak pelajaran. (backsound swaragama: “maafkan aku yang tak sempurna...-ecoutez) :D

Semoga setelah kemah kemaren jadi kepake pelajarannya, ujian mendatang yang sebenarnya lancar & lulus dengan damai. Amin!

Foto by Yakup Sugiarto


#KKN-PPMUGMUNIT96TELAGAMENJER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar